Besok, Pemalang Tetap di Rumah Saja!

Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang memastikan tetap akan memberlakukan kebijakan pembatasan aktifitas masyarakat selama dua hari, Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Pemalang, H Junaedi SH MM, dalam wawancara kepada puskapik.com, Jumat malam, 05 Februari 2021, di pendopo kabupaten.

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), M Arifin, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Wahadi, Kepala Bidang Informasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Agus Moerdoko, Bupati Junaedi menegaskan penutupan pasar, tempat hiburan dan fasilitas umum lainnya, tetap diberlakukan di Pemalang.

“Selama dua hari, Sabtu dan Minggu pasar dan fasilitas umum lainnya tetap ditutup sambil untuk mengadakan sterilisasi penyemprotan disinfektan dan penataan pasar agar lebih teraur jaraknya, khususnya di lapak-lapak,” kata bupati.

Menurut bupati, kebijakan Pemalang di Rumah Saja tersebut mendasari Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terkait kebijakan Jateng di Rumah Saja. “Sampai sekarang edaran Gubernur masih berlaku dan kita tetap berlakukan pembatasan di Pemalang,” tandasnya.

Bupati menyatakan kebijakan ini adalah gerakan bersama untuk membangun kesadaran bahwa kita prihatin, peduli dan bergerak bersama menanggulangi wabah Covid-19. “Ini adalah gerakan. Gerakan itu tumbuh hati sanubari yang terdalam, melihat bahwa tetangga kita, saudara kita, kolega kita, dan banyak tenaga kesehatan yang sudah berjuang dan menjadi korban,” imbuhnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran, pengetatan protokol kesehatan dan pembatasan lanjutnya, tetap harus diberlakukan. Apalagi, sejak diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), angka penderita Covid-19 di Pemalang mengalami penurunan.

“Bahkan di Kabupaten Pemalang saat ini sudah masuk kategori zona hijau. Masyarakat harus tahu, bahwa PPKM di Pemalang efektif menurunkan jumlah penderita covid-19,” jelasnya.

Bupati menghimbau masyarakat di Pemalang untuk ikut mendukung kebijakan Jateng di Rumah Saja, Pemalang di Rumah Saja. “Pro kontra yang terjadi di kalangan masyarakat, tentu tidak bisa dihindari dan itu wajar,” ujarnya.

Melalui Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Nomor 443.5/00001933, yang terbitkan 2 Februari 2021, tentang Peningkatan Kedisplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan, selama dua hari 6-7 Februari 2021, warga diminta untuk menghentikan aktifitas dan berdiam diri di rumah. Kebijakan tersebut diteruskan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Bupati Pemalang, Nomor 050/264/2021, yang kemudian menutup pasar, tempat wisata, hiburan malam dan fasilitas umum lainnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Heru Kundhimiarso

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini