Gerakan Jateng di Rumah Saja, Ini yang Dikecualikan di Pemalang!

Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Di Kabupaten Pemalang, “Gerakan Jateng di Rumah Saja” akan menutup sejumlah fasilitas umum dan peniadaan kegiatan. Namun, akan ada pengecualian unsur komponen masyarakat dalam pembatasan kegiatan masyarakat yang dilaksanakan serentak tanggal 6 dan 7 Febuari 2021 ini.

Itu tercantum dalam surat edaran Bupati Pemalang nomor : 050/264/2021, yang diterima puskapik.com dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemalang, hari ini, Kamis 4 Febuari 2021.

Dalam surat edaran itu disebutkan, pelaksanaan “Gerakan Jateng di Rumah Saja” dilaksanakan semua komponen masyarakat, secara serentak pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 6 dan 7 Febuari 2021.

LIHAT! SE Bupati Pemalang “Jateng Dirumah Saja”

Nantinya akan ada penutupan sejumlah fasilitas umum dan peniadaan kegiatan, di antaranya : 1) Peniadaan Car Free Day. 2) penutupan akses pintu masuk alun-alun termasuk kegiatannya.3) penutupan toko modern/ mall, rumah makan, 4) penutupan Pedagang Kaki Lima (PKL), 5) penutupan pasar, 6) penutupan destinasi wisata dan pusat rekreasi, 7) pembatasan hajatan dan pernikahan (tanpa mengundang tamu), 8) penutupan tempat hiburan, karaoke, warnet, game oniine, tempat olahraga/ fitnes, dan kegiatan Usaha sejenis; serta 9) kegiatan lain yang memunculkan potensi kerumunan (seperti pendidikan, event, dll).

Meski dilaksanakan semua komponen masyarakat, pengecualian berlaku bagi unsur yang terkait dengan sektor esensial, seperti : kesehatan; kebencanaan; keamanan; energi; komunikasi dan teknologi informasi; keuangan; perbankan; logistik dan kebutuhan pokok masyarakat, perhotelan; konstruksi :, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik; dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu 3 Febuari 2021, Tanggal 6 dan 7 Febuari 2021, pembatasan kegiatan masyarakat dilakukan di Kabupaten Pemalang. Masyarakat diminta tinggal dirumah karena sejumlah fasilitas umum akan ditutup.

Itu disampaikan Bupati Pemalang, H Junaedi, disela-sela acara pelantikan 29 Kepala Desa di pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu 3 Febuari 2021.

“Besok hari Sabtu dan Minggu ada edaran gubernur untuk melaksanakan pembatasan kegiatan masyarakat. Bahwa untuk di rumah saja, hanya ada pengecualian-pengecualian yang nanti akan kita keluarkan surat edaran bupati. Hari ini sedang dibuat surat edaran bupati-nya,” kata Junaedi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini