16 ABK Asal Pemalang Akhirnya Bisa Pulang, Ini Imbauan Disnaker

Drs Mu'minun, Kepala Disnaker Pemalang, dalam acara pertemuan bersama keluarga ABK, di Aula Kantor Disnaker Pemalang, Jumat 29 Januari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemalang minta keluarga 35 ABK viral agar menjaga protokol kesehatan, ketika anggota keluarganya tiba di rumah. Rencananya, akan dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada ABK asal Pemalang.

Itu disampaikan Drs Mu’minun, Kepala Disnaker Pemalang, dalam acara pertemuan bersama keluarga ABK, di Aula kantor Disnaker Pemalang, Jumat 29 Januari 2021.

Dituturkan Mu’minun, saat ini 35 ABK sudah pulang dari Majuro,Kepulauan Marshall, dengan keadaan sehat dan selamat. Saat ini, mereka tengah menjalani karantina di 3 hotel (Hotel Lubis,Hotel Days, dan Hotel The 101), Jakarta.

Diketahui, dari total 35 ABK yang videonya sempat viral di media sosial itu, 16 orang di antaranya adalah warga Pemalang.

“Nanti ketika pulang di Pemalang, ini kami upayakan untuk diadakan test swab PCR, ini kami sudah komunikasi dengan Dinas Kesehatan (Pemalang),” tutur Mu’minun.

Nantinya, ketika para ABK rampung jalani karantina di Jakarta hingga pulang ke rumah masing-masing, harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Mereka juga diminta menjalani isolasi mandiri.

“Dengan catatan, ya menghindari kerumunan, tetap menggunakan masker, otomatis selalu mencuci tangan. Minimal itu,” jelas Mu’minun.

Kemudian, Mu’minun menyarankan, agar dalam beberapa hari menjaga jarak dengan anggota keluarga di rumah, sesuai protokol kesehatan.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa 16 ABK asal Pemalang ini. Harapannya, warga masyarakat bisa saling menjaga dan membantu menciptakan rasa kenyamanan.

Seperti diberitakan sebelumnya,Jumat 29 Januari 2021, Puluhan Anak Buah Kapal (ABK) PT Puncak Jaya Samudra (Pemalang) yang viral meminta dipulangkan dari Majuro,Kepulauan Marshall, sudah tiba di tanah air. Saat ini mereka tengah menjalani isolasi di Jakarta.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini