Sekarang Ada Fasilitas Rawat Inap Jiwa dan Kemoterapi Di RSUD Kardinah Tegal

0
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama rombongan meinjau salah satu ruangan rawat inap jiwa di RSUD Kardinah Kota Tegal.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – RSUD Kardinah Kota Tegal kini memiliki fasilitas rawat inap jiwa dan kemoterapi. Layanan rawat jiwa menyediakan 23 tempat tidur pasien di Gedung Puspa Nindra dan layanan kemoterapi di Gedung Cendana lantai 2.

Kedua layanan tersebut dilaunching Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Rabu kemarin, 27 Januari 2021. Launching dihadiri Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin, Sekda Kota Tegal Johardi, Plt. Direktur RSUD Kardinah dr. Hery Susanto, Pejabat di lingkungan Pemkot Tegal dan lainnya.

Plt Direktur RSUD Kardinah dr. Hery Susanto, Sp.A mengatakan dua layanan tersebut dihadirkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
dr Hery mengungkapkan kesehatan mental atau jiwa dan penyakit kanker masih menjadi masalah yang serius. Menurut data catatan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2012 Prevalensi gangguan jiwa berat pada penduduk Indonesia 1,7 per 1000 penduduk.

“Tingginya Prevalensi gangguan jiwa ini, membutuhkan pelayanan yang paripurna di rumah sakit. Sementara itu Prevalensi kanker sebesar 1,4 per 1000 penduduk,” ungkap Hery.

Menurut dr. Hery, dua layanan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya, mengingat masih tingginya angka orang dengan ganguan jiwa dan penyakit kanker. Sementara tak banyak rumah sakit yang menyediakan layanan jiwa dan kemoterapi.

“Dua layanan ini bisa dimanfaatkan untuk pasien umum maupun pasien BPJS Kesehatan. Untuk itu, saya berharap dua layanan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu, Dedy Yon mengharapkan rumah sakit tipe B tersebut melakukan berbagai perubahan. Mulai dari fasilitas pelayanan sehingga lebih baik lagi. Demikian pula, sarana dan prasarana penunjang medik seperti ruang tunggu juga harus nyaman, lokasi parkir juga harus ditertibkan sesuai peruntukkannya, pembatasan waktu besuk dan jumlah penunggu pasien.

“Ruangan pasien juga harus nyaman sehingga tidak membuat kecewa,” pinta Dedy Yon.

Dedy Yon juga mengingatkan agar dokter apabila ada kejadian emergency harus siap. Apalagi rumah sakit plat merah itu sudah memiliki aplikasi Layanan Emergency Kardinah Online Cepat Datang dan Tangani (Lekon Tangi). Karena ini berkaitan dengan nyawa seseorang.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini