Di Brebes, Hari Ini 4250 Nakes Divaksin Serentak

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes mentargetkan, 90 persen tenaga kesehatan (nakes) bisa mendapatkan vaksin tahap pertama. Sebanyak 4250 nakes di Brebes, Kamis 28 Januari 2021 menjalani vaksinasi corona.

Pelaksanaan vaksinasi corona dilakukan serentak di semua fasilitas kesehatan yang ada di Brebes, baik puskesmas maupun RSUD. Pelaksanaan vaksin ini diikuti oleh 4250 orang nakes.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono mengatakan, sebenarnya ada 5590 orang nakes yang diprioritaskan mendapat vaksin. Namun karena tahap awal ini hanya mendapat vaksin 8500, maka Dinkes terpaksa melakukan lagi seleksi untuk memilih nakes yang akan divaksin tahap awal.

“Sebenarnya ada 5590 orang cuma karena Brebes mendapat jatah vaksin hanya 8500, maka kami seleksi lagi. Hasilnya muncul 4250 nakes yang prioritas vaksin. Sementara lainnya akan menyusul,” ujar Sartono.

Jika melihat jumlah vaksin yang dikirim ke Brebes sebanyak 8500, sebenarnya bisa mencover semua nakes. Hanya saja pada vaksinasi kedua tidak semua nakes akan mendapat vaksin.

“Melihat jumlah vaksin yang didapat, sambung Sartono, sebenarnya bisa untuk 5590 orang nakes. Tapi bila itu dijalankan pada vaksinasi kedua tidak semuanya akan dapat. Maka dari itu supaya vaksinasi tahap dua lancar, maka vaksin yang 8500 itu kita bagi dua. Jadinya hanya 4250 nakes dulu yang kami prioritaskan,” bebernya.

Dia mengungkap, untuk mencover semua nakes sebanyak 5590 orang diperlukan vaksin sebanyak 11180. Dengan jumlah ini, semua nakes akan kebagian vaksin pertama dan kedua.

Hingga Kamis sore, pelaksanaa vaksinasi masih berlangsung. Pelaksanaannya melibatkan 38 puskesmas dan 3 RSUD. Diharapkan, dengan vaksinasi serentak ini, bisa terealisasi 90 persen.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini