BRPK Diterima, Besok KPU Pemalang Tetapkan Paslon Terpilih, Agung-Mansur

arun Gunawan, Komisioner KPU Pemalang, Divisi Teknis Penyelenggaraan, saat ditemui di kantor, Rabu sore 20 Januari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang sudah menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK). Besok, Kamis 21 Januari 2021, KPU akan menetapkan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati terpilih, Agung-Mansur.

Itu dibenarkan Harun Gunawan, Komisioner KPU Pemalang, Divisi Teknis Penyelenggaraan, saat dihubungi Puskapik.com via telepon, Rabu 20 Januari 2021.

“Ya (sudah diterima), barusan jam 20.30 WIB,” kata Harun.

Malam ini, KPU sudah membuat surat yang ditujukan kepada para tamu yang bakal hadir dalam acara penetapan pasangan calon terpilih besok.

Rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang periode 2021-2025 akan digelar di pendopo kantor KPU Pemalang, pukul 15.30 WIB. Acara ini bakal digelar dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Sebelumnya, Harun mengatakan, nantinya hanya ada 30 tamu undangan yang hadir. Rencananya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemalang juga bakal diundang.

“mengacu pada PKPU 19 tahun 2020, pihak yang diundang itu (semua) pasangan calon, semua partai politik pengusung, kemudian Bawaslu,” terang Harun.

Kemudian, baik partai politik maupun pasangan calon dilarang mengadakan arak-arakan, baik sebelum maupun sesudah acara penetapan pasangan calon.

“kita kan tetap mengacu pada PKPU 13 tahun 2020 terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak ditengah pandemi. Maka tidak boleh atau dilarang partai politik maupun pasangan calon itu membawa massa pada penetapan pasangan calon,” jelas Harun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu sore 20 Januari 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau tidak ada arak-arakan dalam acara penetapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati terpilih, Agung-Mansur (baca berita terkait). Acara penetapan Agung-Mansur itu akan digelar dengan tamu undangan terbatas.

Saat itu, Harun menuturkan, KPU Pemalang belum menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai syarat penetapan pasangan calon terpilih. Informasi yang diterima, hari ini MK baru menyerahkan BRPK ke KPU RI.

Seperti diketahui, hasil rekapitulasi suara Pilkada 2020 tingkat Kabupaten menyebut, pasangan calon nomor urut 02, Agung-Mansur dari PPP-Gerindra, memenangkan Pilkada Pemalang dengan perolehan 338.905 suara.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Candra Suciawan

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini