Sempat Panas, Walk Out dan Hujan Interupsi Warnai Konfercab GP Ansor Pemalang

Konferensi Cabang (Konfercab) PC GP Ansor Pemalang diwarnai hujan interupsi dan aksi 'walk out' peserta sidang, Minggu sore, 17 Januari 2021. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Konferensi Cabang (Konfercab) PC GP Ansor Pemalang yang mendaulat Aminul Fikar sebagai ketua baru diwarnai hujan interupsi dan aksi walk out peserta sidang.

Interupsi yang disampaikan terkait usulan rekomendasi calon ketua PC GP Ansor Pemalang dalam Konfercab ke-12 ini. Beberapa peserta mengusulkan hanya PAC atau ranting yang terakreditasi yang dapat memberikan rekomendasi calon ketua.

“Terjadi selisih yg signifikan antarranting yang terakreditasi, dengan ranting yang ber-SK. Ranting berdasarkan hasil akreditasi hanya berjumlah 155, sedangkan jumlah ranting jika berdasarkan SK sekitar 222 ranting. Panitia tidak mengakomodir usulan itu, jadi beberapa memutuskan walk out,” kata salah satu peserta konfercab yang tak mau menyebutkan namanya.

Aksi walk out dilakukan saat memasuki agenda utama yakni, sidang pemilihan ketua GP Ansor Pemalang, sebelum sesi pembacaan hasil rekomendasi calon. Hal ini karena beberapa PAC merasa usulan tidak diakomodasi oleh panitia. Adapun 5 PAC yang walk out adalah PAC Bodeh, PAC Comal, PAC Bantarbolang, PAC Petarukan, dan PAC Ampelgading.

Ketua Panitia, M Fauzi saat ditemui seusai acara membantah hal tersebut. Menurutnya, sudah ada kesepakatan semua peserta untuk tidak ada pembahasan lagi pada Konfercab hari ini melainkan hanya penetapan.

“Jadi begini, yang jelas pada tanggal 8 kita sudah pembahasan tentang tatib acara. Pada kesepakatan itu sudah clear bahwa pada tanggal 17 Januari atau hari H tinggal menetapkan, tidak ada lagi pembahasan di sana. Semua PAC yang hadir hari ini diundang dan semuanya hadir, termasuk mereka (perserta yang walk out),” katanya, Minggu, 17 Januari 2021.

Fauzi menyadari dalam organisasi, interupsi dan walk out adalah hal yang biasa dan bagian dari dinamika di tubuh Ansor menjelang pemilihan ketua.

“Yang jelas kami sebagai panitia sudah menjalankan tugas seterbuka mungkin, tidak ada yang kami tutup-tutupi, asas demokrasi kami kedepankan,” ujarnya.

Ketua PC GP Ansor Pemalang terpilih, Aminul Fikar menyatakan akan berusaha melakukan konsolidasi, merangkul kembali pihak-pihak yang berseberangan dalam pemilihan hari ini, termasuk 5 PAC yang melakukan aksi walk out.

“Untuk sahabat-sahabat yang melakukan aksi walk out hari ini, kami menghormati, bagaimana pun mereka aset terbaik dalam organisasi, maka tidak ada alasan lain bagi saya untuk tidak merangkul mereka kembali,” katanya.

Penulis: Baktiawan Candheki
Editor: Faisal M

Iklan

14 KOMENTAR

  1. @Games gamer emang ente habis terjun bencana, atau berminat antri bencana, kalau pngin dpt bencana teruskan caci makimu..
    GP Ansor itu tdk hnya di Pemalang, itu hnya ditingkat Kabupaten, masih ada diribuan kabupaten lain.. Faham..?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini