Jumat Glowing, Wujud Kepedulian Karang Taruna Desa Mandiraja Pemalang Pada Lingkungan

Kegiatan Jumat glowing Karang Taruna Wijaya Kusuma Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jumat, 15 Januari 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Setiap Jumat pagi, anggota Karang Taruna Wijaya Kusuma melakukan kegiatan “Jumat Glowing”. Bukan warna kulit yang putih atau cerah, melainkan, Jumat glowing ini adalah kegiatan kerja bakti para pemuda desa dalam merawat lingkungan.

Dalam aksinya ini, para pemuda Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang membersihkan lingkungan sekitar wilayah desanya. Seperti halnya pagi tadi, mereka membersihkan ruas jalan penghubung dua desa hingga terbebas dari rumput dan tanaman liar lainnya.

Kepedulian Karang Taruna Wijaya Kusuma terhadap lingkungannya pun mendapat apresiasi dari Kepala Desa setempat, RM Syaihudin.

“Luar biasa, berbekal kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pemeliharaan infrastruktur, para pemuda berhasil membebaskan ruang jalan dari rumput dan sampah,” kata Syaihudin.

Atas nama pemerintah desa, dia merasa bangga dengan tumbuhnya kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan para pemuda. Karang Taruna, kata dia, telah memberikan contoh dan keteladanan tentang pentingnya kerja sama masyarakat dengan pemerintahan.

“Semangat pengabdian dan kerja sama seperti ditunjukkan oleh para pemuda Karang Taruna harus terus dijaga untuk meningkatkan tradisi gotong royong,” tutur RM Syaihudin.

Mudah-mudahan, lanjut Syaihudin, kegiatan baksos yang digelar Karang Taruna tersebut mendatangkan keberkahan bagi warga Desa Mandiraja.

Syaihudin optimistis dengan kepeloporan para pemuda, gerakan seperti ini dapat tumbuh terus dan menjadi budaya di Desa Mandiraja.

“Mudah-mudahan semangat para pemuda menjadi virus yang menular dan menyebar ke masyarakat lainnya,” kata Syaihudin.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini