Bendung Sungapan Pemalang Meluap, Rumah Warga Mulai Terendam

Air Bendungan Sungapan Kabupaten Pemalang meluap, Rabu malam, 13 Januari 2021. FOTO/PUSKAPIK/HERU KUNDHIMIARSO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Hujan deras yang mengguyur wilayah Pemalang, Rabu malam, 13 Januari 2021, mengakibatkan Bendung Sungapan meluap. Meluapnya bendung terbesar di Kota Ikhlas ini mengakibatkan rumah-rumah warga di beberapa desa mulai terendam.

Saat berita diturunkan, luapan air mulai memasuki pemukiman warga. Luapan air Bendung Sungapan mengakibatkan desa Pener, Sokowangi, Gondang di Kecamatan Taman, terendam.

Luapan air tak hanya menggenangi jalan-jalan desa, tapi juga mulai memasuki rumah-rumah warga. Ketinggian air setinggi mata kaki mengakibatkan warga panik dan buru-buru menyelamatkan barang-barang berharga mereka.

Warga berkumpul di teras rumah yang lebih tinggi lantaran air Bendungan Sungapan Kabupaten Pemalang meluap ke permukiman, Rabu malam, 13 Januari 2021. FOTO/PUSKAPIK/HERU KUNDHIMIARSO

Menurut Kepala Desa Penggarit, Imam Wibowo, saat ini debit air di Bendungan Sungapan mencapai 405.508 liter/detik. Kondisi ini mengakibatkan wilayahnya siaga.

“Kita terus pantau karena air sudah mulai meluap. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Imam kepada Puskapik.com melalui ponselnya.

Dari informasi yang diperoleh, luapan air mengakibatkan desa-desa di sepanjang Kali Elon terendam. Di wilayah selatan dan pantura Pemalang, air juga mulai menggenangi jalanan dan pemukiman warga.

Penulis: Heru Kundhimiarso
Editor: Faisal M

Iklan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini