Gelar Disiplin Protokol Kesehatan, Polisi Pekalongan Amankan Sepeda Motor Protolan

0
Jajaran Polres Pekalongan terus menggiatkan operasi yustisi di wilayah hukum Polres Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Masih banyak masyarakat di Kabupaten Pekalongan yang mengabaikan protokol kesehatan COVID-19 dalam kegiatan sehari-hari di luar rumah. Terkait hal tersebut jajaran Polres Pekalongan terus menggiatkan operasi yustisi di wilayah hukum Polres Pekalongan.

Menurut Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Pipit Witianingsih mengatakan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat pentingnya penerapan prokes saat di luar rumah. “Hal tersebut bertujuan untuk menekan angka penyebaran -19 di Kota Santri ini,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Dia mengatakan pada pelaksanaan operasi yustisi, pihaknya menyasar lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian dan juga para pengendara yang melintas di sekitar kompleks Alun-Alun Kajen.

Saat melintas di lokasi tersebut, petugas mendapati sejumlah pemuda sedang nongkrong dengan sepeda motor di dekatnya. Ketika dijumpai sepeda motor mereka tampak tidak menggunakan kelengkapan sebagaimana mestinya. Sepeda motor tersebut tidak dilengkapi dengan plat nomor, spion, bodi motor dan bahkan tidak ada lampunya.

“Kepada pemilik sepeda motor selanjutnya kita perintahkan untuk melengkapi kendaraan sesuai ketentuan. Karena kondisi sepeda motor protolan selain melanggar peraturan lalu lintas, sangat berbahaya apabila digunakan,” katanya.

Disampaikan Kasat Lantas AKP Pipit sebelum diperbolehkan membawa sepeda motornya, harus melengkapi kelengkapan dan membawa surat kendaraannya. “Kita lakukan teguran dan himbauan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya. Selain itu sebelum dibawa pulang sepeda motor harus dipasang kelengkapan kendaraan,” katanya.

AKP Pipit menambahkan tindakan yang dilakukannya sebagai langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sebab, kecelakaan dapat terjadi akibat pelanggaran yang dilakukan seperti tidak menggunakan kelengkapan kendaraan.

Lebih lanjut pihaknya juga tetap mendorong masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sehabis beraktivitas, memakai masker, menjaga jarak ketika bertemu orang lain.

“Protokol kesehatan harus terus ditegakkan supaya virus corona itu tidak menyebar kemana-mana,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini