Diguyur Hujan, Jembatan Pabuaran, Bantarbolang, Ambrol

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan kamu disini!

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Hujan deras yang mengguyur Pemalang wilayah selatan sejak Selasa malam membuat sejumlah wilayah terdampak. Jembatan Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang, ambrol diterjang air sungai.

Hujan deras sejak sore kemarin, membuat debit air di beberapa bendungan meningkat. Bahkan di Bendungan Sokawati saja debit air mencapai limpas 3800 centimeter atau dengan kecepatan air 1.102, 319 liter/ detik.

Debit air yang meningkat akibat curah hujan yang tinggi itu membuat sejumlah anakan sungai meluap termasuk ambrolnya jembatan Pabuaran Kecamatan Bantrabolang.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bahwa dampak dari curah hujan sejak sore kemarin yaitu pada wilayah Desa Jojogan yang terkena tanah longsor, jembatan Pabuaran yang putus, dan Desa Mojo yang terdampak banjir.

Kepala Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pemalang, Suyanto, Rabu 13 Januari 2021, mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi internal dan akan diteruskan pada pimpinan wilayah seperti desa dan kecamatan serta pihak terkait lainya.

“Tim sudah disebar dibeberapa titik untuk mengetahui data kerusakan yang terjadi akibat luapan air sungai saat hujan deras kemarin sore,” ujar Yanto.

Jembatan Pabuaran yang ambrol diterjang air sungai itu berada di atas Sungai Comal yang dikelola oleh pihak desa meskipun jembatan tersebut salah satu akses desa tersebut.

Hingga berita ini diunggah, pihak desa setempat belum bisa dikonfirmasi mengenai ambrolnya jembatan. Namun demikian warga yang akan melintas jembatan itu terpaksa memutar ke desa lain atau jika air sudah mulai surut, warga memilih menggunakan rakit.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan