Satgas Covid-19 Pastikan Tak Ada PSBB di Pemalang

Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 memastikan tidak akan ada pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Pemalang meski Pemerintah Pusat menerapkan aturan PSBB Jawa-Bali yang berlaku mulai hari ini, 11 Januari hingga 25 Januari 2021.

“Tidak ada PSBB di Pemalang. Aktifitas masyarakat tetap berjalan seperti biasa, namun akan lebih diperketat,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemalang, Tutuko Rahardjo, saat dikonfirmasi puskapik.com melalui ponselnya, Senin 11 Januari 2021.

Pemerintah Kabupaten Pemalang, kata Tutuko, tidak memberlakukan PSBB karena tidak ada instruksi khusus baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Apalagi, Pemalang tidak termasuk tiga zona yang menjadi perhatian khusus di Jawa Tengah.

Adapun wilayah yang diwajibkan memberlakukan PSBB adalah Semarang Raya (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak), Solo Raya (Kota Solo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo), dan Banyumas Raya ( Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banjarnegara).

“Meski tidak ada PSBB, namun kita akan prioritaskan memperketat kegiatan masyarakat dengan operasi yustisi secara rutin,” jelasnya.

Kebijakan tersebut papar Tutuko, akan diatur lebih lanjut melalui Surat Edaran Bupati Pemalang dan akan dilakukan evaluasi dan monitoring secara harian.

Untuk mengawal penerapan kebijakan pembatasan ini, Pemkab lanjutnya, akan melaksanakan pengetatan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan, dengan meningkatkan pelaksanaan Operasi Yustisi yang akan dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), aparat Kepolisian, dan melibatkan unsur TNI.

Penulis : Heru Kundhimiarso

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini