Lihat, 5 Desa di Tegal Terendam Banjir

Warga Desa Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal berdiri di depan rumahnya yang terendam banjir, Jumat malam, 1 Januari 2020.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Tegal – Hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa jam pada Jumat petang, 1 Januari 2021 menyebabkan sejumlah desa di Kabupaten Tegal dilanda banjir. Sedikitnya ada lima desa yang diterjang banjir yakni Desa Slawi Kulon, Kudaile, Tembok Banjaran, Tembok Lor, Kupu dan Sidaharja.

Di Desa Sidaharja banjir dipicu meluapnya Sungai Cacaban. Selain menggenangi jalan, banjir juga merendam ratusan rumah di desa tersebut.

“Hujan dari sore langsung banjir. Tapi ini belum begitu besar. Biasanya puncaknya bulan Februari,” kata Abdul (34) salah seorang warga Tembok Lor, Sabtu 2 Januari 2021.

Warga lainnya, Ikun (37) mengatakan, Banjir sudah menjadi langganan tahunan setiap musim penghujan. Selain dampak hujan deras, banjir disebabkan buruknya drainase serta pendangkalan.

“Langganan tiap tahun mesti banjir. Saluran airnya jelek. Terus sungainya juga dangkal,” ujarnya.

Para relawan PMI dan BPBD Kabupaten Tegal langsung menjangkau lokasi terdampak banjir pada Jumat malam, 1 Januari 2020.

“Kami sudah datangi semua lokasi banjir. Ketinggian air berkisar 50 sampai 150 centimeter,” terang Ramedon salah satu relawan PMI.

Meski terkepung banjir, tidak ada warga yang mengungsi. Warga memilih tetap tinggal di rumah untuk menjaga barang-barang perabotannya.

Pantauan puskapik.com pada Sabtu pagi, 2 Januari 2020 banjir telah surut. Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat bencana ini.

“Airnya sudah surut. Ini warga membersihkan rumah masing-masing,” terang Ramedon saat dihubungi melalui telepon.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini