Cek Kelaikan Bus Jelang Nataru, Dishub Kota Pekalongan Gelar Ramp Check

0
Petugas Dishub Kota Pekalongan bersama instansi terkait melakukan giat ramp check terhadap seluruh armada di Terminal Tipe A Kota Pekalongan, Kamis-Jumat, 17-18 Desember 2020. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Libur akhir tahun periode Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akan tiba dalam waktu dekat. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan bersama instansi terkait melakukan giat ramp check terhadap seluruh armada di Terminal Tipe A Kota Pekalongan. Giat ramp check ini dimulai dari Kamis-Jumat,17-18 Desember 2020.

Kepala Dishub Kota Pekalongan, Slamet Prihantono mengungkapkan bahwa penyelenggaraan armada Natal dan Tahun Baru kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga diperlukan upaya lebih, tidak hanya untuk menjamin keselamatan dan kesehatan penumpang dan awak armada, juga petugas dan posko terminal. Pihaknya menerapkan protokol kesehatan guna mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

“Kegiatan ramp check yang kami lakukan rutin ini bertujuan untuk mengintensifkan koordinasi semua stakeholder terkait sekaligus monitoring kesiapan operasional sarana dan prasarana serta seluruh fasilitas pendukungnya, terutama yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan transportasi, terutama jelang momen libur Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang,” kata Totok, sapaan akrabnya, saat dikonfirmasi lewat telepon, Jumat, 18 Desember 2020.

Menurut Totok, giat ramp check menyasar 13 armada dari 2 PO bus yang ada di Terminal Tipe A Kota Pekalongan. Dari hasil pemeriksa, semua armada bus dinyatakan laik jalan baik dari segi rem, klakson, lampu, ban dan sebagainya.

Selain armada angkutan orang dan barang di terminal, kegiatan ramp check ini juga menyasar sejumlah fasilitas umum lainnya seperti stasiun, pelabuhan, pasar, dan lokasi lainnya. Dalam kegiatan ramp check tersebut juga disertai dengan penempelan stiker “Ayo Pake Masker dan Jaga Jarak”.

“Kami berharap masyarakat bisa menunda mudik maupun melakukan perjalanan jauh supaya tidak ada kluster baru di momen Nataru ini. Kalau pun harus mudik atau melakukan perjalanan jauh, maka wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker atau face shield, rajin mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh atau pun mudik. “Sehingga perjalanan tetap aman, nyaman, sehat dan tidak menularkan kepada sanak saudara atau anggota keluarganya di rumah maupun orang di sekitarnya,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini