Ini Harapan Petani di Pemalang Kepada Bupati-Wakil Bupati Terpilih

0
Mugiarto (70), petani di Desa Cibelok, Kecamatan Taman, Pemalang tengah menggarap sawah, Jumat, 11 Desember 2020. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Puncak pesta demokrasi 5 tahunan, pemilihan Bupati-Wakil Bupati Pemalang, sudah dua hari berlalu. Hari ini, Jumat, 11 Desember 2020, suara rakyat Pemalang sebagai penentu pemimpinnya tengah dalam proses rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Meski belum final siapa pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Pemalang yang menang dan terpilih menjalankan roda pemerintahan 5 tahun ke depan, tapi masyarakat berharap calon pemimpinnya dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Salah satunya, Mugiarto (70), petani di Desa Cibelok, Kecamatan Taman, Pemalang. Ia berharap, siapa pun Bupati-Wakil Bupati terpilih dalam Pilkada 2020, bisa mengatasi kesulitan para petani mendapatkan pupuk.

“Harapan saya pupuknya normal, walaupun pakai Kartu Tani, belinya bebas. Kalau pakai kartu dan belinya enggak bebas, kemudian stoknya habis, ya enggak bisa memupuk. Wong para petani hasilnya juga enggak dimakan sendiri kok,” kata Mugiarto.

Ia mengungkapkan, selama ini pupuk sangat sulit didapat. Untuk membeli pupuk harus melalui penyedia yang ditunjuk pemerintah. Mugiarto biasa membeli pupuk Pusri urea dengan berat seperempat kilogram, seharga Rp40.000.

“Saya sudah buat Kartu Tani. Tapi itu dusun barat baru buat, jadinya nanti tahun 2022, berarti enggak dipupuk lah 2 tahun,” kata Mugiarto.

Kemudian, Mugiarto mengatakan, perihal saluran irigasi atau pengairan, selama ini normal dan tak ada kendala. Jika musim kemarau, pasokan air bisa disiasati dengan menyedot menggunakan diesel.

“Yang kebangetan itu pupuknya. Harapan saya, bupatinya ganti, petani dibantu masalah pupuk. Bukan minta bantuan, tapi harganya yang normal. Masalah untung rugi sih petani sudah biasa, tapi yang penting pupuk normal,” kata Mugiarto.

Dalam Pilkada 2020, Kabupaten Pemalang memiliki tiga kandidat pasangan calon Bupati-Wakil Bupati. Mereka di antaranya, Agus-Eko, Agung-Mansur, Iskandar-Awe.

Berdasarkan data perolehan suara sementara, pasangan pasangan Agung-Mansur masih unggul dan menduduki posisi pertama. (https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/3327).

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini