Pemalang Raih SAKIP Predikat B

0

 

PEMALANG (PuskAPIK) – Pemkab Pemalang meraih penghargaan Sistem Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award tahun 2018 dari kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, dengan predikat nilai B.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh menteri PAN-RB RI Syarifudin, kepada Bupati Pemalang yang diwakili wakil bupati Pemalang, H. Martono yang didampingi Sekda Pemalang Budhi Rahardjo, dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2018, di salah satu hotel di Makasar, Selasa (19/02).

Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Nugroho BR, melalui Kabid PIKP Laela Fadilah menjelaskan dengan meraih hasil tersebut, maka Pemkab Pemalang dinilai telah berhasil mewujudkan tingkat efektifitas, dan efisiensi dalam penggunaan anggaran, sesuai sasaran yang telah ditetapkan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Menpan – RB RI dalam acara tersebut menyampaikan SAKIP yang diterapkan setiap birokrasi di Indonesia menjadi aliran nafas yang mengerucut pada perubahan. Program tersebut juga banyak dicontoh pada negara berkembang hingga negara maju. Melalui penerapan SAKIP juga terbukti mampu mencegah potensi pemborosan anggaran.

“Untuk daerah wilayah III ini sendiri mampu menghemat anggaran hingga Rp 6,9 triliun dalam tahun 2018,” kata Syarifudin.

Ditambahkan, SAKIP bukan hanya sekedar pemberian nilai, namun juga menggambarkan kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran, dan dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

Disampaikan juga apabila seluruh daerah telah mencapai SAKIP dengan nilai AA, maka pada tahun 2024 Indonesia dapat memghemat anggaran sebesar Pp 900 triliun. Selain itu Menpan juga menekankan, kinerja aparat pemerintahan harus semakin inovatif dan kreatif dalam menjalankan roda pemerintahan. (hape)