Gila! Begini Aksi 4 Perampok di Brebes Bedol Mesin ATM, Rp 100 Juta Raib

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Uang di dalam mesin ATM Bank Jateng Brebes Rp 100 juta lebih, raib digondol perampok. Aksi perampok terhitung nekat. Pasalnya, kawanan perampok membedol dan membawa kabur mesin ATM. Aksi itu terekam CCTV

Aksi pencurian mesin ATM terjadi Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Senin dini hari. Para pelaku berhasil membawa kabur mesin ATM milik Bank Jateng unit Jatibarang, berserta uang di dalamnya sekitar Rp 100 juta lebih.

Aksi ini dilakukan oleh empat orang. Mereka menggondol mesin ATM dengan tangan kosong. Setelah berhasil membongkar mesin ATM seberat 500 Kg, mereka keluar dari bilik dan kemudian kabur. Saat melakukan aksi ini, para pelaku menggunakan sebuah mobil.

Aksi kawanan pencuri tersebut, terekam kamera intai atau CCTV milik bank. Dalam video berdurasi sekitar 6 menit itu, awalnya terlihat seorang pelaku bertopi dan berjaket krem masuk ke bilik tunai Bank Jateng unit Jatibarang. Tak lama disusul dua pelaku lain yang juga memakai topi. Ketiganya kemudian terlihat berusaha membongkar mesin ATM dari tempatnya.

Setelah mesin ATM berhasil dirobohkan, masuk seorang pelaku lagi untuk membantu mengangkat mesin ATM ke luar bilik, dan dibawa kabur dengan mobil.

Qomar, salah seorang petugas keamanan mengatakan, sebelum membongkar mesin ATM, pelaku mengunci kantor bank dari luar dengan gembok. Setelah petugas jaga terkunci dari luar, baru lah mereka membongkar mesin tersebut.

“Saat kejadian saya yang bertugas jaga, sama salah satu anggota polisi. Kami dikunci dari luar dengan gembok jadi tidak bisa berbuat apa apa,” ujar Qomar kepada wartawan di Kantor Bank Jateng unit Jatibarang, Selasa 10 November 2020 siang.

Petugas jaga ini mengetahui ada aksi pembongkaran mesin ATM saat mendengar suara orang mengetok-ngetok di luar. Saat akan dicek melalui pintu depan ternyata dikunci dari luar. Qomar beserta anggota polisi ini kemudian melihat ke layar monitor CCTV.

“Ternyata di layar monitor ada empat orang sedang membongkar ATM. Kami kemudian ke depan dan berusaha keluar sambil berteriak teriak supaya pelaku ini kabur. Tapi mereka tetap beraksi sampai mesinnya itu lepas dan dibawa lari,” bebernya.

Kedua petugas ini akhirnya berhasil keluar melalui pintu belakang dengan menjebol gembok. Namun sayang, para pelaku sudah kabur meninggalkan lokasi.

“Kejadiannya cepet, sekitar 5 menitan. Pas kami keluar dari pintu belakang, ternyata pelaku sudah kabur,” sambungnya.

Saat meninjau lokasi kejadian, Kepala Bank Jateng Brebes, Setya Pamungkas mengatakan, ada kerugian akibat aksi tersebut. Namun kerugian sudah diserahkan kepada pihak lain melalui asuransi.

“Uang yang ada di mesin ATM sudah kami asuransikan. Kami juga kerjasama dengan vendor pemilik mesin ATM, dan pihak vendor akan mengganti mesin ATM yang hilang,” kata Setya Pamungkas.

Setya lebih lanjut menjelaskan, uang yang ada di Bank Jateng, baik yang ada di ATM, di kantor, maupun di perjalanan sudah diasuransikan. Sehingga nasabah tidak perlu takut dan khawatir bila terjadi aksi seperti ini.

Atas kejadian ini pihaknya berharap nasabah tidak perlu cemas dan khawatir akibat kejadian tersebut. Karena uang nasabah yang disimpan di Bank Jateng dipastikan aman.

Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Agus Supriyadi saat dikonfirmasi, membenarkan adanya aksi pencurian mesin ATM milik Bank Jateng. Aksi pencurian dengan membawa sekaligus mesin ATM ini baru pertama terjadi di wilayahnya. Karena, biasanya pencurian uang di ATM dilakukan hanya dengan merusak mesinnya.

“Dari hasil olah TKP dan keterangan pihak bank, kami ketahui di dalam mesin ATM itu masih ada uangnya sekitar 100 juta lebih,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga kemarin siang, polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut, dan berusaha mengungkap para pelakunya.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini