Antisipasi Banjir, Pemkot Pekalongan Siagakan 20 Rumah Pompa

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pemalang bersiap menghadapi potensi banjir di musim hujan. DPUPR menyiagakan 20 rumah pompa yang telah beroperasi di sejumlah titik.

“Merespons datangnya musim penghujan, DPUPR Kota Pekalongan khususnya bidang SDA telah mempersiapkan antisipasi agar saat hujan tiba terjadi genangan di beberapa titik. Salah satunya kami telah menyiagakan rumah pompa sebanyak 20 buah yang rutin kami periksa kelayakannya, jika terdapat kerusakan maka bisa segera kami perbaiki,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada DPUPR Kota Pekalongan Khaerudin saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat, 6 November 2020.

Menurut Khaerudin, rumah pompa yang telah dibangun di beberapa lokasi ini disiagakan dan terus dipantau oleh 32 orang tenaga Satuan Tugas (Satgas) yang dikerahkan untuk melakukan langkah antisipasi dan penanganan banjir. Satgas tersebut akan bergerak melakukan perbaikan dan perawatan pompa tersebut.

Khaerudin mengugkapkan, khusus di titik-titik rawan genangan banjir, shift jaga Satgas yang dikerahkan pun ditambah untuk mengantisipasi banjir di waktu malam hari.

“Khusus untuk titik-titik yang rawan genangan shift-nya ditambah, dari yang semula hanya 2 shift ditambah menjadi 3 shift, yakni Pukul 07.00-12.00 untuk shift pertama, shift kedua pukul 13.00-17.00, dan 1 shift lagi di Pukul 19.00-24.00, seperti di Rumah Pompa Patiunus, Randujajar, Jalan Kutilang-Merak dan Rumah Pompa Krapyak,” katanya.

Khaerudin menambahkan, saat ini DPUPR juga tengah mengupayakan penambahan pompa baru sebanyak 4 unit yang akan diletakkan di Jalan Kusuma Bangsa (utara Kampus IAIN), di wilayah Slamaran ada di 2 titik, kemudian di Jalan Patriot sisi barat (depan Kampus STMIK Pekalongan).

“Untuk pompa di Kelurahan Panjang Baru RT 09/RW 03 sudah terpasang, menyusul ada 4 unit tambahan pompa yang sedang kami bangun dan rencananya kami juga akan menambah fasilitas untuk rumah pompa dan rumah jaga di beberapa lokasi seperti Randujajar, Pasirsari, Kramatsari dan di Jalan Manunggal II di ujung pertemuan Jalan Perintis,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!