Kapolda Jateng: Libur Panjang Sekitar 8000 Kendaraan Masuk Jateng

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Beberapa langkah antisipasi telah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan para pemudik selama libur panjang pekan ini. Diprediksi ada 8000 kendaraan yang akan masuk ke Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Selasa 27 Oktober 2020 sore melakukan peninjauan di Gerbang Tol Brebes Timur. Kepada wartawan, Kapolda mengatakan, pada libur panjang kali ini, diperkirakan ada 8000 kendaraan yang akan masuk Jawa Tengah. 4000 kendaraan melalui jalur selatan dan 4000 melalui jalur utara.

“Prediksi saat ini 8000 kendaraan. 4000 ke selatan 4000 ke utara dan prediksinya mungkin nanti malam mulai berdatangan karena sekarang arus lalu lintas masih landai,” kata Kapolda Jateng.

Untuk mengamankan libur panjang, Polda Jateng menerjunkan anggota sebanyak 1700 personel yang digelar dari mulai Brebes sampai Rembang. Ini sudah termasuk 37 PJR Polda yang bertanggungjawab melakukan pengamanan di jalan tol. Selain itu, jajaran polres polres juga melakukan kegiatan pengamanan yang berada di luar tol.

“Pelibatan personel sebanyak 1700, termasuk petugas khusus tol yang sudah tergelar sebanyak 73 PJR Polda Jateng. Di samping itu, Polres-Polres jajaran melakukan kegiatan yang di luar tol itu sendiri,” jelas Kapolda.

Polda Jateng juga mempunyai empat pos pengamanan yang telah digelar. Yaitu di Brexit, Kalikangkung, Bamyumas, Rembang dan termasuk di wilayah Brebes paling barat.

Kapolda menambahkan, pemberlakuan Operasi Zebra Candi dari 26 Oktober hingga 8 November 2020, titik beratnya adalah dalam rangka ikut serta memutus rantai penyebaran COVID-19. Artinya, sasaran operasi ini adalah termasuk pemudik yang akan masuk Jawa Tengah.

“Tidak peduli siapapun itu pemudik yang masuk wilayah hukum Polda Jateng. Oleh karenanya, dari 17 rest area yang tersebar di tol khususnya yang masuk wilayah Polda Jateng, akan lakukan pengecekan suhu tubuh dan rapid,” ujar Kapolda.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini