Pilkades Serentak Pemalang, Puluhan Panitia dari 28 Desa Dibekali

0
FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang– Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Pemalang 27 Desember mendatang telah memasuki tahapan persiapan. Dalam tahap persiapan ini Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (Dispermasdes) memberikan pembekalan kepada 50 panitia Pilkades.

Kasi Pengembangan Aparatur Desa, Dispermasdes Pemalang, Hersis Nurcahaya, Senin 26 Oktober 2020 mengatakan, semua sudah diatur dan terjadwal di Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) termasuk tahapan pencalonan sampai pemungutan dan penghitungan suara.

“Pembekalan seperti ini sudah biasa kami lakukan untuk persiapan tahapan Pilkades. Perbedaannya di masa pandemi sekarang ini jumlah peserta kita batasi. Masing-masing desa mengirimkan 2 panitia pemilihannya sebagai perwakilan,” ungkapnya.

Adapun panitia pemilihan desa sendiri dipilih oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan jumlah menyesuaikan kebutuhan tiap desa.

“Materi pembekalan dari dinas-dinas terkait, kami berikan sampai ke hal-hal teknis terkait Pilkades. Ada juga penyampaian dari Polres pemalang soal pengamanan Pilkades, ” ujarnya.

Menyoal protokol kesehatan, Hersis mengaku semua tahapan Pilkades dilaksanakan dengan protokel pencegahan Covid-19.

“Prokes kita utamakan bahkan untuk pemilihan nanti kita atur jadwal kedatangan pemilih di TPS, ” katanya.

Hersis berharap, dalam Pilkades serentak 28 desa kali ini tidak menurunkan tingkat partisipasi warga untuk menentukan orang no 1 di desanya itu.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini