Menyatukan Kembali Energi Dalam Menuntaskan Persoalan Pembangunan.

0

PEMALANG (PuskAPIK) – “Kerja Keras, Kerja Cepat, Kerja Cerdas untuk Pemalang Hebat, dimaknai sebagai sarana untuk menyatukan kembali energi dalam menuntaskan persoalan pembangunan di kabupaten Pemalang,” Demikian salah satu ungkapan bupati Pemalang dalam sambutan sidang paripurna.

 

Masih dalam rangakaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang Ke 444 Tahun 2019, DPRD kabupaten Pemalang melaksanakan Rapat Paripuma DPRD dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang Ke 444, Tahun 2019.

Bertempat di Pendopo kabupaten Pemalang, rapat paripurna dilaksanakan sekitar pukul 11.00 wib, usai prosesi kirab pataka sebelumnya, Kamis (24/01).

Dalam kesempatan tersebut, bupati Pemalang H. Junaedi berkenan memberikan sambutan dihadapan peserta sidang. Disampaikan bahwa sesuai tema pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang Ke 444, yaitu “Kerja Keras, Kerja Cepat, Kerja Cerdas untuk Pemalang Hebat”, bupati mengajak maknai tema tersebut sebagai sarana untuk menyatukan kembali energi dalam menuntaskan persoalan pembangunan di Kabupaten Pemalang. Kerja Keras tentu tidak hanya menyangkut hal flsik semata, tetapi juga dapat dimaknai sebagai upaya yang konsisten, pantang menyerah dan tahan uji dalam pencapaian visi Pemalang Hebat Kerja Cepat, dimaknai sebagai kerja yang terukur, tepat dan efisien melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintahan. Selanjutnya Kerja Cerdas, dimaknai sebagai bentuk respon terhadap adanya revolusi industri 4.0 (keempat), yang menandai dimulainya era Disrupsi. Sebuah fenomena dimana masyarakat mulai menggeser aktivitasaktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata menjadi aktivitas di dunia maya. Diketahui bersama saat ini sudah terjadi tumbangnya bisnis retail dan mulai berjayanya bisnis e-commerce. Hal tersebut entu saja berpotensi memberikan ancaman sekaligus peluang bagi segenap pelaku UMKM kita untuk bersaing merebut pasar.

Sebagai daerah yang memilliki ragam potensi yang luar biasa, tentu kabupaten Pemalang tidak boleh pesimis. Melalui peringatan hari jadi kali ini, hendaknya dimaknai sebagai momentum perubahan karakter dan mindset berflkir kabupaten Pemalang. Sudah saatnya bertransformasi dan terus berupaya meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi segenap masyarakat Kabupaten Pemalang, dengan konsisten dan komitmen, Pemalang Hebat pasti akan terwujud.

Tahun 2018 baru saja dilalui bersama. Terlepas dari adanya beberapa bencana alam yang menimpa masyarakat Pemalang di akhir tahun 2018 lalu, patut disyukuri karena selama tahun 2018 secara umum Kabupaten Pemalang senantiasa dalam kondisi yang aman dan kondusif. Untuk itu bupati menyanpaikan terima kasih kepada para pimpinan di wilayah baik di tingkat kecamatan, kelurahan maupun desa yang telah bekerja keras bersama segenap unsur Forkopimca, tokoh agama serta tokoh masyarakat dalam membina serta menjaga kondusifltas di wilayah masing masing.

Kerjasama yang sinergis antara segenap unsur Forkopimda serta dukungan yang kuat dari segenap unsur DPRD, menjadikan Kabupaten Pemalang selama tahun 2018 meraih berbagai prestasi yang membanggakan. Prestasi yang diraih tersebut bahkan hingga tingkat Internasional.

Dari beberapa prestasi yang telah disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, salah satu yang paling membanggakan adalah diperolehnya penghargaan dunia di bidang teknologi, informasi dan komunikasi melalui penerapan Pusat Pemberdayaan Informatika Pedesaan (Puspindes), pada World Summit on the Information Society (WSIS) Prize 2018 dari International Telecommunication Union (ITU) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Yang iebih membanggakan lagi, penghargaan tersebut diterimakan langsung di Markas Besar PBB di Janewa. Swiss pada bulan Marat 2018 lalu.

Rapat paripurna dihadiri oleh Ketua Komisi A dan Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah, para Bupati Walikota, tetangga, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Pemalang, wakil bupati Pemalang, para mantan bupati Pemalang beserta istri, segenap pimpinan dan para anggota DPRD Kabupaten Pemalang, komandan pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tegal, komandan satuan Radar (Dansatradar) 214 Tegal, sekretaris daerah beserta segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan segenap Kepala Desa maupun lurah sekabupaten Pemalang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang beserta jajarannya serta tamu undangan lainnya. (hape)