Di Kota Pekalongan, HPS Tahun Ini Digelar Sederhana

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober, diperingati secara sederhana oleh Dinas Peternakan dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan.

“Tahun ini tidak menyelenggarakan seremonial seperti tahun sebelumnya, mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainul Hakim, Jumat 16 Oktober 2020.

Hakim menyampaikan, tahun sebelumnya HPS digelar dengan kegiatan gerakan makan sayur dan gerakan minum susu. Tahun ini justru peringatan HPS ditekankan pada ketahanan pangan dan daya beli masyarakat yang lebih baik.

Hakim menambahkan, pada HPS ini pihaknya tengah menyiapkan tim lomba cipta menu yang akan mewakili Kota Pekalongan di tingkat provinsi.

“Momen ini kami tekankan untuk proaktif melayani masyarakat. Hari ini kami bekerjasama dengan pokja 3 tim PKK kota Pekalongan mengadakan rapat lomba cipta menu pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang akan kami ikut sertakan di tingkat provinsi pada 10 November 2020 mendatang,” imbuh Hakim.

Dinperpa juga menyalurkan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui dana DAK berupa bantuan benih padi varietas hera yang resudi sejumlah 1.250Kg untuk 50 hektar atau 25Kg per hektar. Di samping itu bantuan pupuk organik subsidi 1 paket per hektar, biopestisida 1 paket per hektar, dan pupuk hayati 1 paket per hektar untuk kelompok tani Sri Murni di Kelurahan Sokoduwet.

“Sedangkan melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan kami akan menyelenggarakan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular berupa vaksinasi brucellosis gratis kepada 17 peternak sapi perah di tiga kecamatan yang akan digelar pada tanggal 19 Oktober hingga 21 Oktober 2020,” papar Hakim.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan