4 Guru SMAN 1 Slawi Positif COVID -19

0
FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Slawi – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, menggelar tes swab massal di SMAN 1 Slawi, Selasa, 29 September 2020. Itu dilakukan setelah empat guru di sekolah tersebut dinyatakan positif COVID-19.

Ketua Tim Surveilan dan Kesling Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Eko Prabowo, mengatakan, tracing dengan pengambilan sempel swab guna menindaklajuti adanya salah seorang guru yang dinyatakan positif COVID -19 berdasarkan hasil swab.

“Setelah kami lakukan penelurusan, ternyata kasus ini berkembang lagi yang dinyatakan positif lagi, yakni ada 3 orang guru lagi. Dengan temuan ini, maka kami melakukan pengambilan sempel swab massal,” katanya.

Kasus penyebaran COVID 19 ini, lanjut Eko, berawal dari seorang guru perempuan berinisial AU (50) asal Desa Pendawa, Kecamatan Lebaksiu dan berkembang ke tiga guru lainnya. Ketiga guru tersebut yakni laki-laki berinisial G, perempuan berinisial A dan perempuan berinisial N. Sedangkan dari tracing guru berinisial A ini, pihaknya menemukan adanya riwayat A yang kontak dengan keluarga yang baru pulang dari Jakarta.

“Ini sedang kita dalami, apakah A sebelum sakit ada riwayat kontak dengan ketiga guru yang lain atau tidak. Dan apakah ada kemungkinan lain atau ada riwayat perjalanan dari kota lain. ketiganya baik tidak ada gejala jadi kami sarankan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kegiatan swab massal ini, Dinkes Kabupaten Tegal menargetkan sebanyak 50 sempel swab yang diambil. Namun, pada kenyataannya, hanya ada 48. Dari yang mengikuti pengambilan sempel swab tidak hanya dari kalangan guru, tapi juga meliputi staf TU, Satpam dan karyawan lain.

“Kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya penyebaran yang lebih luas. Kita juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sekolah ini,” ujarnya.

Kontributor : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini