Bawaslu Kota Pekalongan Ajak Ormas dan LSM Awasi Pilkada 2020

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengintensifkan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan menggandeng sejumlah lapisan Ormas, LSM, dan unsur elemen masyarakat lainnya. Foto/Puskapik/Suryo Sukarno
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Guna mewujudkan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Pekalongan 2020 yang berintegritas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengintensifkan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan menggandeng sejumlah lapisan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan unsur elemen masyarakat lainnya.

Ketua Bawaslu Kota Pekalongan Sugiharto mengungkapkan bahwa keterlibatan ormas, LSM dan seluruh unsur masyarakat dalam berpartisipasi menciptakan pilwalkot yang berintegritas sangatlah penting agar penyelenggaraan pesta demokrasi di Kota Pekalongan berjalan dengan aman, demokratis, berintegritas dan mematuhi semua aturan-aturan yang ada.

“Kami mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama ormas, LSM dan seluruh elemen unsur masyarakat lainnya dalam rangka bersama-sama mewujudkan Pilwalkot Tahun 2020 mendatang berjalan dengan demokratis, berintegritas, sehat dan bermartabat,” kata Sugiharto dalan sosialisasi di Hotel Horison Kota Pekalongan, Senin, 21 September 2020.

Menurut Sugiharto, selain sebagai upaya mengajak keterlibatan ormas dan LSM, kegiatan ini juga merupakan komitmen bersama untuk mendeklarasikan komitmen bersama untuk menolak politik uang, melawan isu-isu yang mengarah pada intimidasi, hoaks, SARA, dan ujaran kebencian serta tetap menjaga ketertiban umum dan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 untuk menyongsong Pilwalkot yang aman, sehat dan demokratis.

“Alhamdulillah seluruh elemen masyarakat, Ormas dan LSM sudah sering ke kantor kami untuk berdiskusi menyampaikan kesepakatan terkait larangan-larangan dalam tahapan-tahapan Pilwalkot termasuk tahapan kampanye yang direncanakan dalam waktu dekat ini. Kami bersama Ormas dan LSM sepakat untuk sengkuyung menciptakan Pilwalkot yang berjalan dengan baik tanpa melanggar aturan-aturan,” kata Sugiharto.

Dalam sosialisasi tersebut, adapun sebagai narasumber yakni Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Adrian Suez dan Kajari Kota Pekalongan Zainul Arifin yang menyampaikan materi mengenai penegakkan hukum pelanggaran pidana Pilwalkot Pekalongan 2020. Selain dihadiri jajaran Bawaslu Kota Pekalongan, perwakilan TNI/POLRI, ormas, LSM, dan media, turut hadir pula Pasangan Bakal Calon Wali Kota Pekalongan dan Wakil Wali Kota Pekalongan Tahun 2020.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan