6 Bumdes di Ulujami Pemalang, Dapat Bantuan Pemprov

0
FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Upaya memajukan ekonomi kawasan di desa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus digenjot. Salah satunya dalam bentuk Bantuan Provinsi (Banprov) yang diberikan kepada 6 desa di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Ke 6 desa yang mendapat Banprov adalah Desa Pesantren, Desa Mojo, Desa Blendung Desa Kertosari, Desa Kaliprahu, dan Desa Tasik rejo. Penilaian dan kriteria desa-desa yang mendapat Bansos ditentukan langsung Pemprov Jateng. Salah satu persyaratan yang utama adalah Perdes kerjasama antardesa dan Ulujami adalah salah satu wilayah di Kabupaten Pemalang yang memenuhi persyaratan itu.

Hal itu disampaikan Ketua Bumdesma Rukun Makmur, Sardiyan dalam agenda penandatanganan nota kesepakatan penyertaan modal dari 6 Desa dilakukan sore ini, 15 September 2020 di kantor Bumdesma Rukun Makmur Kecamatan Ulujami.

Sardiyan menyampaikan, penyertaan modal yang ditandatangani bersama hari ini sebagai langkah awal pembangunan kawasan pedesaan di wilayahnya tersebut.

“Sebagaimana arahan dari Pemprov disituasi saat ini, kita akan alokasikan modal bersama ini, 75 persen untuk penguatan pangan dan sisanya untuk memajukan perekonomian kawasan, “ujarnya.

Target yang akan diprioritaskan oleh Bumdesma Rukun Makmur dalam waktu dekat adalah jual beli kebutuhan pokok, dan perikanan. Wilayah Ulujami sendiri memang sudah dikenal sentra produksi perikanannya terutama untuk bandeng dan udang.

“Untuk perikanan kami telah membangun rumah produksi pengolahan ikan bandeng di Desa Blendung, dan salah satu produknya yang kami andalkan adalah Salai Bandeng, atau kita kenalkan dengan merek ‘Bandeng Salto’. Dan saya yakin ini satu-satunya di Indonesia, ini yang akan kami kembangkan, ” akunya.

Banprov senilai Rp 50 juta untuk masing-masing Desa ini akan di masukan dalam bentuk saham dan rencananya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma). Dalam agenda penandatanganan tersebut dihadiri 6 Kades Penerima Banprov dan disaksikan oleh Camat Ulujami dan pihak Dispermades Kabupaten Pemalang.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini