Kelangkaan Pupuk: Besok, Ratusan Petani Gerudug DPRD Menggunakan Traktor

ILUSTRASI/PUSKAPIK/CANDRA S
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Persoalan klasik kelangkaan pupuk selalu terjadi pada musim tanam tiga. Terkait hal itu, besok Rabu 16 September 2020 ratusan petani akan gerudug gedung DPRD Pemalang dan dinas terkait.

Kelangkaan pupuk sering terjadi di Kabupaten Pemalang termasuk pada musim tanam tahun 2020 pada musim tanam ketiga. Akibatnya, timbul masalah baru yang dapat mempengaruhi sikap petani dan tingkat produktivitas hasil tani.

Ditemui puskapik.com, Selasa 15 September 2020, Ketua IP3A sekaligus kordinator aksi Andi Rustono menjelaskan, dampak kelangkaan pupuk akan berdampak buruk sikap dan hasil produksi hasil tani. Perlu dipahami bahwa musim tanam tiga ini lebih banyak didominasi komuditi tanam jenis padi, jagung, singkong dan komuditi holtikultura lainya.

“Perlu diketahui karakter petani itu selalu membutuhkan pupuk urea, dibandingkan pupuk jenis ZA,SP36, oleh sebab itu harus ada titik temu antara agen penyedia pupuk dan para petani,” kata Andi.

Menurut Andi, kelangkaan pupuk urea tidak terlepas dari tanggungjawab Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Perdagangan dan DPRD Kabupaten Pemalang agar bisa memfasilitasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Petani berharap, cegahlah sedini mungkin dan segera menyelesaikan maslaah mengenai kelangkaan pupuk yang menjadi momok para petani setiap tahun.

Dalam aksi nanti, ratusan petani akan melakukan long mach, dari sekretariat petani di bojongbata, Kecamatan Taman ke gedung DPRD Pemalang dilengkapi spanduk dan famlet dan puluhan mesin traktor.

Penulis : Dedi Muhsoni

Iklan

Tinggalkan Balasan