Di Brebes, 1200 ODR Jalani Uji Swab Covid-19

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Brebes – Di Kabupaten Brebes, 1200 Orang Dengan Risiko (ODR) di-swab test COVID-19. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, menyebut, 1200 orang ODR itu diambil dari semua desa di 17 kecamatan.

Pengambilan sampel swab terhadap ODR ini dilakukan di 38 puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Brebes. Dalam satu hari, tiap puskesmas ditarget mengambil sampe 5 sampai 10 orang ODR. Sampel usap tenggorokan ini kemudian dikirim ke Labkesda Provinsi Jawa Tengah untuk ditest metode PCR.

Kepala Dinkes Brebes, dr Sartono menyebutkan, warga yang masuk katagori ODR meliputi penderita TBC, diabet lansia, hipertensi dan juga tenaga kesehatan. Sampel sampel ini diambil secara bertahap mulai 24 Agustus sampai 2 September 2020.

“Yang masuk ODR ini kita prioritaskan uji swab. Semua ada 1200 orang. Mereka adalah penderita TBC, diabet lansia, hipertensi dan tenaga kesehatan,” terang Sartono di kantornya, Kamis 27 Agustus 2020 siang.

Menurut Sartono, di Brebes sebenarnya ada 16 ribu orang penderita diabet lansia dan 5000 penderita TBC. Mereka masuk katagori ODR. Beberapa bulan lalu, Dinas Kesehatan melakukan skrining dengan rapid test.

“Sebelumnya sudah dirapid test. Nah hasil skrining ini kami menginventarisir 1200 orang yang perlu ditindak lanjuti dengan uji swab,” ungkap Sartono.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan