Goro Suro Pekalongan, Nguri-uri Budaya Jawa

0

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Bupati Pekalongan H Asip Kholbihi, membuka acara yang bèrtujuan nguri-uri budaya Jawa yang bertajuk Peringatan Goro Suro.

Acara yang digelar di Desa Legokkalong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemkab dan Pengurus Muhayat Kepercayaan Kecamatan Karanganyar, dan tokoh masyarakat.

Asip menyampaikan, sebagai manusia Jawa, patut bersyukur lahir di tanah Jawa, sebuah pulau yang paling indah di dunia dengan julukannya The Beauty Island. “Oleh karena itu kita harus mikul duwur mendem jero terhadap pranata tatanan sosial, ekonomi, budaya dan unggah-ungguhnya,” kata Asip, Rabu 26 Agustus 2020.

Lebih lanjut Asip menyampaikan, di dunia banyak negara yang mengabadikan nama Jawa karena saking indahnya. Dicontohkannya sebuah jalan di Israel yang dinamai Jawa Street. “Nah, kita sebagai orang Jawa tidak boleh kehilangan rasa kejawaannya yang andap asor, mikul duwur mendhem jero,” katanya.

Menurutnya, Penkab. Pekalongan mendukung penuh keberadaan kelompok atau komunitas yang menjunjung tinggi adat Jawa supaya tidak hilang.

“Siapa lagi kalau bukan kita yang akan mempertahankan budaya jawa ini?, ujar Asip.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini