Dinperinaker Kota Pekalongan Dorong Pencari Kerja Manfaatkan e-Makaryo

Dinperinaker Kota Pekalongan mendorong para pencari kerja memanfaatkan aplikasi bursa kerja online (e-makaryo) yang resmi diluncurkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan mendorong para pencari kerja memanfaatkan aplikasi bursa kerja online (e-makaryo) yang resmi diluncurkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah belum lama ini.

“Selama masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19, kami meminta para pencari kerja (pencaker) asal Kota Pekalongan bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang memudahkan mereka untuk melamar pekerjaan melalui aplikasi bursa kerja online (e-makaryo) yang dikelola langsung oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah,” kata Kepala Seksi Penempatan Kerja Dinperinaker Kota Pekalongan, Heryu Purwanto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 24 Agustus 2020.

Heryu menyampaikan bahwa aplikasi online ini bertujuan mempertemukan antara pencari dan pemberi kerja yang sudah terintegrasi dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) se Jawa Tengah. Para pencaker, lanjut Heryu, hanya perlu membuat akun dan menyiapkan foto dan mengisi form data yang telah disediakan saat ingin masuk melamar kerja melalui e-makaryo tersebut.

“Setelah membuat akun, mereka diminta mengisi data mulai dari data pribadi, jenjang pendidikan, nomor handphone, dan sebagainya. Di aplikasi tersebut sudah tersedia daftar-daftar lowongan kerja, perusahaan mana saja yang membuka lowongan, posisi lowongan, dan penempatan. Semua layanan sistem antarkerja sudah terfasilitasi di aplikasi ini, sehingga pencari kerja dapat memonitor langsung status lamarannya dan pemberi kerja juga dapat memfilter pencaker sesuai kebutuhannya,” kata Heryu.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan