Dinperkim Kota Pekalongan Terapkan Protokol Covid-19 dalam Penataan Permukiman

0
Kepala Bidang Kawasan Permukiman pada Dinperkim Kota Pekalongan Kukuh Adi Sri Satyanto bersama jajarannya saat ditemui di kantornya, Senin 24 Agustus 2020. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kota Pekalongan memperketat protokol kerja dan kesehatan bagi pekerja proyek saluran drainase/gorong-gorong, sanitasi, jalan lingkungan, dan penyediaan air bersih di pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Dinperkim mengalokasikan anggaran pencegahan Covid-19, seperti pembelian masker dan sarana cuci tangan, bagi pekerja proyek guna mencegah penularan virus corona.

Kesehatan dan keselamatan para pekerja tetap diutamakan sehingga pekerjaan proyek lekas terselesaikan. Saat ini untuk penataan kawasan permukiman ada 200 lebih proyek dan 40% telah dilaksanakan.

“Untuk proyek sanitasi yang tengah berjalan ada satu di Kelurahan Pasirkratonkramat (PKK), ada juga dua di Kelurahan Krapyak yang sedang persiapan untuk pengerjaannya, wujudnya MCK komunal,” kata Kepala Bidang Kawasan Permukiman pada Dinperkim Kota Pekalongan Kukuh Adi Sri Satyanto saat ditemui di kantornya, Senin (24/8/2020).

Pendemi Covid-19 membuat proses pengerjaan proyek terkendala. Ini dialami berbagai instansi, karena adanya refocusing anggaran Pemerintah Kota Pekalongan. “Tetap ada anggaran untuk proyek penataan kawasan permukiman, tapi karena refocusing juga membutuhkan waktu, pengerjaan proyek ikut mundur,” ujar Kukuh.

Ia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga proyek penyehatan lingkungan semakin maksimal. Terkait dengan para pekerja proyek yang juga melibatkan pihak ketiga, Kukuh berpesan agar para pekerja tak berkerumun, tetap mematuhi protokol kesehatan, serta menjaga kesehatannya.

Bidang yang Kukuh geluti memang tak langsung berinteraksi dengan masyarakat tetapi pembangunan proyek ini untuk masyarakat. Sinergi semua pihak diperlukan agar kawasan permukiman di Kota Pekalongan ini semakin baik.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini