Kapolres Pemalang Pimpin Pengamanan Sedekah Laut TPI Asemdoyong

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho memimpin langsung pengamanan tradisi sedekah laut di TPI Asemdoyong, Taman, Pemalang, Kamis 20 Agustus 2020.

Sebelum dimulainya acara larung sesaji, Kapolres Pemalang meminta, agar panitia dan kelompok nelayan selalu waspada serta membatasi jumlah penumpang.

“Demi keselamatan, mohon jumlah penumpang kapal dibatasi untuk menghindari kelebihan muatan dan insiden, serta mengantisipasi penyebaran Covid-19,” pesan Ronny Tri Prasetyo Nugroho.

Dalam acara larung sesaji, Kapolres Pemalang didampingi pejabat utama Polres Pemalang turut mengawal puluhan perahu nelayan yang melaksanakan larung sesaji di tengah laut.

Tidak hanya pada para nelayan, petugas gabungan Polres Pemalang dan Kodim 0711/Pemalang juga mengimbau pengunjung di tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Asemdoyong untuk menaati protokol kesehatan.

“Beberapa pengunjung sebenarnya sudah membawa masker sendiri, namun ada yang belum digunakan, sehingga personil TNI-Polri tidak henti-hentinya mengingatkan para pengunjung untuk selalu menggunakan maskernya dengan baik dan benar,” ucapnya.

Sedekah laut merupakan tradisi turun temurun yang tetap dilestarikan nelayan Desa Asemdoyong hingga kini.

Untuk memeriahkan sedekah laut, warga setempat juga mengadakan pagelaran wayang kulit yang menghadirkan Ki Dalang Muharso Udi Carito dari Pemalang.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini