Ledakan Kasus Covid-19 di Batang, Sehari 20 Orang Positif Corona

0
Bupati Batang Wihaji mengungkapkan ada penambahan 20 kasus Covid-19 pada Senin, 17 Agustus 2020. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Batang – Kasus Covid-19 di Kabupaten Batang mengalami peningkatan cukup signifikan di masa adaptasi kebiasaan baru. Setidaknya, dalam satu hari kemarin, Senin, 17 Agustus 2020, ada penambahan 20 orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona.

Penambahan kasus positif corona tersebut merupakan hasil tracing dari ASN Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Batang yang terkonfirmasi Covid-19.

Bupati Batang Wihaji sekaligus Ketua Gugu Tugas Covid-19 mengatakan, berdasarkan hasil tracing melalui swab test, penambahan kasus berasal dari kelurga dan teman ASN yang positif usai reuni dan berwisata ke Yogyakarta.

“Selama ini tidak ada kasus baru, tapi baru kali ini kejadian reuni menjadi klaster baru dan satu lagi ASN yang pulang kampung ke Yogyakarta,” kata Wihaji.

Wihaji berharap masyarakat tidak panik tapi tetap patuh protokol kesehatan dengan memakai masker kurangi kerumunan, jaga jarak, cuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas.

Pemkab Batang, lanjut Wihaji, mulai minggu ini secara tegas akan melaksnakan pendisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 55 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Mulai minggu ini perbup pendisiplinan dan penegakan hukum implentasi dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020 akan melibatkan TNI, Polri melakukan operasi,” kata Wihaji.

Ia menjelaskan bahwa Perbup Nomor 55 Tahun 2020 tersebut telah merinci denda bagi warga. Bagi yang membandel tidak memakai masker akan mendapatkan sanksi denda Rp10.000 dan bagi perusahaan maksimal Rp50 juta.

Sementara itu, hingga hari ini tercatat penderita Covid-19 di Kabupaten Batang sebanyak 149 orang. Dari jumlah itu, dirawat 60 orang, sembuh 77 orang, dan meninggal dunia 12 orang.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini