Coklit Pilkada Selesai, KPU Pemalang Siapkan Pleno Berjenjang

FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyiapkan proses kelanjutan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada Pemalang, yang telah berakhir 13 Agustus lalu yakni, pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) secara berjenjang.

Komisioner KPU Pemalang Divisi Program Data, Aida Yunirahmawati, Selasa 18 Agustus 2020, mengatakan pihaknya tengah menyusun DPHP di tingkat PPS yang nanti akan diplenokan sampai tanggal 29 Agustus.

“Rencananya akan dilaksanakan pleno di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 30 Agustus- 2 September, PPK tanggal 2 September-4 September, dan KPU 5-14 September 2020,” ujarnya.

Aida, menambahkan, rapat pleno berjenjang akan melibatkan beberapa institusi lainnya seperti Bawaslu, perwakilan partai politik, dan pemerintah sesuai tingkatan.

Lokasi pleno juga dilaksanakan sesuai tingkatan antara lain kantor desa/ kelurahan, dan kantor KPU.

Proses tahapan Coklit yang sudah dilalui bukan tanpa kendala, menurutnya Aida, sempat ada pengulangan Coklit dibeberapa tempat berdasarkan rekomendasi Bawaslu.

Kepada puskapik.com, Komisioner Bawaslu Pemalang, Safrudin, mengatakan ada temuan kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tak sesuai aturan. Misalnya soal penempelan stiker hasil Coklit, petugas menyerahkan tugas kepada orang lain, dan petugas tidak mencoklit secara langsung ke rumah warga.

“Atas dasar itu kita rekomendasikan untuk Coklit ulang, dan sudah dilaksanakan KPU,” katanya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrohman

Iklan

Tinggalkan Balasan