Bupati : “Kampung KB Harus Ada Tindak Lanjut Dan Evaluasi”

0

PEMALANG (PuskAPIK) – “Pencanangan kampung KB diharapkan ada tindak lanjutnya, untuk itu saya meminta diadakan evaluasi setiap bulannya…”

Hal terrsebut disampaikan bupati Pemalang H. Junaedi, saat meresmikan Pencanangan Kampung KB di RW. V Desa Kebagusan kecamatan Ampelgading kabupaten Pemalang, Kamis (30/08).

Lebih lanjut dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa kampung KB tersebut akan menjadi baik manakala sanitasi, pengaturan kelahiran dan komponen lainnya bisa berjalan sesuai program yang dilaksanakannya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada petugas lapangan yang sangat luar biasa, sehingga program KB dan kependudukan bisa berjalan dengan baik.

“Penghargaan nasional Manggala Karya yang diperoleh kabupaten Pemalang adalah buah kerja petugas dan teman-teman dilapangan. Tanpa mereka, saya tidak bisa bekerja apa-apa,” jelasnya.

Diharapkan oleh bupati ubtuk kedepan program kampung KB yg dicanangkan agar menjadi program dinas yang terlibat, menjadi kepentingan bersama.

Masih dalam kesempatan yang sama Farida sumarlin, mewakili BKKBN Proponsi Jawa Tengah, memberikan apresiasi kepada bupati Pemalang atas penghargaan nasional manggala karya, atas dedikasi dalam kependudukan dan KB. Dijelaskan juga bahwa kegiatan kampung KB yang sudah menasional, di pulau jawa termasuk tinggi sifat kegotongroyonganya dan lebih kental terasa, dan diharapkan untuk lebih disinergikan kepada semua instansi.

Adapun tujuan kampung KB, oleh Farida dijelaskan diantaranya adalah untuk mensejhterakan maayarakat melalui KB. kedua meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, ketiga meningkatkan rata-rata pendidikan masyarakat dengan tingkat minimal pendidikan lanjutan pertama dan keempat kecilnya atau tidak adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Farida mengharapkan dengan adanya pokja tersebut agar lebihbditingkatkan lagi.

Diketahui bahwa desa Kebagusan kecamatan Ampelgading kabupaten Pemalang, sebanyak 60% warganya sudah melaksanakan program KB.

Pencanangan Kampung KB ditandai dengan pemukulan kentongan oleh bupati Pemalang diikuti pemukulan kentongan bambu oleh tamu undangan lainnya dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh bupati.

Acara dihadiri oleh wakil bupati Pemalang H. Martono, Forkopimda Pemalang, para OPD, pengurus TP PKK kabupaten Pemalang, pengurus, muspika Ampelgading, pengurus TP PKK kecanatan Ampelgading, kepala desa se-kecamatan Ampelgading, para kader dan tamu undangan lainnnya. (hape)