Pemkab Pekalongan Gelar Pasar Mitra Tani

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ( DKPP ) Kabupaten Pekalongan menggelar Pasar Mitra Tani di halaman kantor setiap Jum’at minggu 1 dan 3 tiap bulan.

Dalam pasar mitra tani tersebut tersedia berbagai produk unggulan petani lokal, seperti beras, aneka sayur dan buah, daging dan telur ayam, kopi, gula aren, madu bahkan aneka jamu serta pangan olahan.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi meninjau langsung pasar mitra tani pada Jum’at 7 Agustus 2020 pagi. Menurut bupati, yang diutamakan berjualan adalah para anggota KWT ( Kelompok Wanita Tani ) kabupaten Pekalongan di bawah binaan DKPP.

Pasar mitra tani baru dua kali dilakukan dan saat ini masih uji coba namun hasilnya omsetnya makin bertambah. Adapun produk yang dijual diutamakan hasil bumi yang ditanam para KWT untuk meningkatkan kesejahteraan para keluarga KWT. Sedangkan target konsumen utama adalah para ASN Kabupaten Pekalongan.

“Apalagi dalam masa pandemi ini kita harus membantu terutama dalam pemasaran. Karena pada aspek market/pemasarannya terpengaruh Covid 19, maka harus ada diversifikasi pemasaran seperti yang kita lakukan sekarang ini,”ujar bupati.

Ke depan, menurut bupati, akan dikembangkan menjadi pasar agrobisnis, yang akan dikembangkan di beberapa daerah produksi seperti Doro, Petungkriyono dan Kajen . Nanti di Paninggaran, Kandangserang, Lebakbarang, juga akan buat lagi pasar agrobisnis yang rintisannya sudah dimulai di pasar mitra tani.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan