Ratusan Warga Randudongkal Diduga Keracunan Tongkol

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan warga Kecamatan Randudongkal, Pemalang, Senin 20 Juli 2020, tadi malam, keracunan makanan. Dugaan sementara, mereka ini keracunan ikan tongkol.

Sejumlah warga yang datang ke rumah sakit dan Puskesmas kondisinya memprihatinkan. Banyak di antaranya yang harus digotong karena lemas serta kesakitan.

“Saya menerima bantuan berupa lauk ikan segar jenis tongkol tersebut, dibagikan Senin siang. Kami yang menerima kemudian dimasak berbagai macam, ada yang digoreng, ditumis juga dan lainnya. Setelah makan, merasakan pusing, mual juga muntah, muntah, lemas bahkan ada yang pingsan, “ kata Suratmi salah satu korban, Selasa dini hari 21 Juli 2020.

Warga yang menderita keracunan dari enam desa yaitu Desa Semaya, Kejen, Kalitorong dan Desa Kreyo, seluruhnya di Kecamatan Randudongkal, Pemalang.

Warga yang mengetahui ada kejadian ini lalu melakukan upaya pertolongan, membawa seluruh korban ke rumah sakit Mardhatillah dan Puskesmas Randudongkal. Kondisi pasien rata- rata lemas dan terus mengeluh pusing dan muntah.

“Saat ini rasanya masih lemas, pusing dan mual. Pada saat makan tidak merasakan keanehan, ikan juga tidak busuk atau tidak berbau aneh, namun setelah makan satu potong rasanya kepala dan perut sakit sekali ,” jelas Ani Kusanti, korban keracunan.

Saat ini yang dirawat di rumah sakit mardhatilah ada 20 orang dan di Puskesmas Randudongkal ada 30 orang. Puluhan lainnya masih menunggu diperiksa dan ada juga yang diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik.

“Kami belum bisa memberika keterangan resmi karena masih konsentrasi upaya pertolongan para korban. Namun dugaan sementara , warga tersebut keracunan ikan tongkol . Sejumlah sampel telah diambil oleh pihak aparat kepolsiian dan kasusnya sudah ditangani polres Pemalang,” jelas Camat Randudongkal Sis Muhamad.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan