26 Sekolah Islam di Tegal Dapat Listrik Gratis dari PLN UP3 Tegal

0
SRM Distribusi PLN UID Jateng dan DIY, Budiono (dua dari kiri), menyerahkan bantuan pasang baru listrik gratis untuk madrasah kepada Kepala Sekolah TK-TPA Al Khoiriyah Desa Banjaragung, Kecamatan Warurejo, Kabupaten Tegal Nasikhin. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – PLN UP3 Tegal melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) memberikan bantuan listrik gratis untuk 26 sekolah Islam, salah satunya TK-TPA Al Khoiriyah di Desa Banjaragung, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. Bantuan tersebut sebagai salah satu komitmen PLN dalam menerangi negeri dan dukungan PLN di bidang pendidikan.

Penyalaan secara simbolis dilakukan, Senin, 13 Juli 2020 oleh Senior Manager Bidang Distribusi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY, Budiono, selaku perwakilan pembina YBM. Ikut mendampingi Manager UP3 Tegal, Moses Allo dan Kepala Desa Banjaragung, Paidar Baktiarso serta Ketua YBM UP3 Tegal, Moch Chaeruddin.

“Bantuan ini sebagai bentuk komitmen PLN menerangi negeri dan dukungan terhadap dunia pendidikan di Tanah Air,” kata Moch Chaeruddin kepada Puskapik.com, Selasa, 14 Juli 2020.

Selain Al Khoiriyah, lanjut Chaeruddin, terdapat 3 sekolah Islam lain di unit wilayah kerja PLN Tegal Timur yang mendapat bantuan gratis, yaitu di Desa Kendayakan, Desa Banjaragung dan Desa Banjarturi. Tak hanya di Tegal, penyalaan juga dilakukan di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes sebanyak 18 madrasah dan Bumiayu sebanyak 4 madrasah.

“Untuk tahap 1 sesuai hasil survei dari ULP (Unit Layanan Pelanggan) di wilayah kerja UP3 Tegal sebanyak 26 madrasah telah dilakukan penyalaan hari ini. Ke depannya mungkin akan bertambah sesuai dengan kondisi di lapangan. Kalau belum berlistrik dan secara teknis bisa, maka kami masukan dalam program listrik gratis,” ujar Chaeruddin.

Berdasarkan data Kemenag, di wilayah kerja PLN UP3 Tegal terdapat 166 sekolah Islam yang belum dialiri listrik. Namun dari jumlah tersebut perlu dilakukan survei lebih lanjut apakah memang sudah berlistrik atau belum.

Nasikhin, Kepala Sekolah Al Khoiriyah mengaku terharu dan sangat berterima kasih atas bantuan listrik gratis yang diberikan oleh PLN. Selama ini untuk kegiatan belajar mengajar, listrik menyalur dari Balai Desa karena terbatasnya dana untuk daftar pasang listrik.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada PLN atas bantuan listrik gratis untuk sekolah kami. Sekarang kami tidak perlu lagi menyalur ke Balai Desa karena tidak ada anggaran untuk pasang listrik dan membayar bulanannya. Kami benar-benar terharu,” kata Nasikhin.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini