Dispermasdes Undang Ketua RT, Beri Arahan Penanganan Covid-19 di Pedesaan

0
FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Pemalang, mengupayakan percepatan penanganan Covid-19 dengan menggandeng kordinator Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan ketua RT se-Kabupaten Pemalang melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Kantor Dispermasdes siang ini, Senin 13 Juli 2020.

KPMD dan ketua RT memiliki peran stategis baik pada masyarakat secara langsung dan koordinasi ke atas atau dinas terkait lainnya. Peran ini yang sangat diperlukan dalam percepatan penanganan Covid, khususnya di wilayah Perdesaan.

Itu disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Kerjasama Desa Dan Kelembagaan Masyarakat (Dispermasdes) Pemalang, Triyatno Yuliharso kepada puskapik.com.

“Penangan Covid di wilayah pedesaan memang sulit khususnya merubah perilaku, butuh waktu, kesabaran, dan dilakukan secara terus menerus, ” ujarnya.

Menurutnya, merubah perilaku membutuhkan keteladanan, maka dari itu peran tokoh dan KPMD di pedesaan diberikan bekal dalam Bimtek hari ini.

“Desa sangat mengapresiasi kegiatan, sebelumnya juga kita undang RT, tahun lalu dengan tema yang lain, untuk tahun ini kita fokus untuk persoalan Covid, ” ungkapnya.

Bimtek Ketua RT dan KPMD se-Kabupaten Pemalang rencananya akan berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 13 Juli sampai 17 Juli mendatang dan dibagi per kecamatan. Hari ini, Bimtek diikuti oleh KPMD dan perwakilan ketua RT untuk wilayah Kecamatan Pemalang, Taman, dan Petarukan.

Salah satu Koordinator KPMD Desa Klareyan, Eko Siswoyo mengatakan, Bimtek tentang penanganan Covid-19 di wilayah pedesaan saat ini memang perlu digalakkan kembali karena pandemi Covid-19 belum selesai apalagi beberapa hari ini, jumlah pasien positif kembali meningkat di Kabupaten Pemalang.

“Selain masalah Covid-19 dijelaskan juga penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD), ini penting karena perubahan penggunaan DD dalam penyesuaian dampak pandemi seperti BLT pembuatan posko dan sebagainya, ” ujarnya.

Eko menambahkan, sebenarnya setiap desa sudah dibentuk tim relawan Covid-19 yang terdiri dari beberapa unsur baik perangkat, ormas, dan berbagai tokoh masyarakat desa. Tetapi dalam kenyataannya ada beberapa yang tidak aktif, menurutnya dari Bimtek seperti ini Dia berharap bisa memberi pencerahan kembali bagi KPMD di tingkat desa masing-masing.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini