Pemkot Pekalongan Serahkan Paket Sembako dan Ratusan Pasang Sepatu

0
Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz secara simbolis menyerahkan bantuan sepatu kepada siswa terdampak COVID-19. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Pekalongan tak lupa memperhatikan Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Sebanyak 75 orang LVRI menerima bantuan sembako dari bentuk sinergitas Pemkot Pekalongan melalui Pekalongan Peduli Sosial Ekonomi (P2SE), PT Sumber Alfaria Trijaya, dan LAZIZNU.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz didampingi Wakil Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Kababinminvet Kodam IV Diponegoro/Semarang Letkol Inf Eko Ismadi, Camat Pekalongan Timur Nur Sobah, dan Ketua P2SE Kota Pekalongan Suryani di Aula Kantor Kecamatan Pekalongan Timur, Rabu, 8 Juli 2020. Penyaluran bantuan dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku.

Usai menyerahkan bantuan, Saelany menyampaikan apreasiasi atas peran serta seluruh elemen masyarakat yang telah bergotong-royong membantu pemerintah mengatasi dampak Covid-19 melalui gerakan berbagi. Salah satunya P2SE yang telah berhasil menghimpun dana sosial dari para pengusaha, ASN, komunitas, dan sebagainya untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Pekalongan. Sebanyak 75 paket terkumpul melalui UKM-UKM di bawah naungan P2SE Kota Pekalongan.

“Hari ini adalah pemberian bantuan yang diberikan oleh komunitas P2SE Kota Pekalongan, LAZISNU, PT Alfamart yang merupakan mitra-mitra pemerintah, yang juga dihadiri oleh Perwakilan KODAM, Pak Ismadi. Bantuan tersebut diberikan kepada para veteran yang merupakan orang-orang yang berjasa,” tutur Saelany.

Pada kesempatan tersebut, Saelany juga menyerahkan 850 paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 dan 358 pasang sepatu untuk siswa-siswi SD/MI yang ada di Kecamatan Pekalongan Timur. “Anak-Anak SD/MI di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur ini juga kami berikan sepatu 358 pasang, bertepatan dengan akan dimulainya tahun ajaran baru untuk meringankan beban orang tua mereka. Sementara, untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah ini sebanyak 850 paket sembako. Kita doakan bersama mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir,” kata Saelany.

Camat Pekalongan Timur, Nur Sobah menerangkan, bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat merupakan salah satu program dari mitra pemerintah, PT Sumber Alfaria Trijaya berupa pemberian 10.000 pasang sepatu se-Indonesia. Anak-anak SD/MI di wilayahnya dibantu melalui usulan dari kepala sekolah yang merupakan anak-anak dhuafa dan berprestasi di sekolah.

“Kami sebelumnya telah menghubungi kepala sekolah di masing-masing sekolah yang ada di wilayah kami untuk memberikan data anak-anak didiknya by name, by adress, ukuran sepatu untuk dapat diusulkan. Alhamdulillah semua tertampung mendapatkan sebanyak 358 anak. Sedangkan, untuk bantuan paket sembako berupa 10 kilogram beras, minyak, gula, mie instan dan susu yang kami berikan kepada para Veteran dan masyarakat dilatarbelakangi adanya banjir rob dan pandemi Covid-19 yang melanda Kota Pekalongan,” kata Nur Sobah.

Sementara itu, Kababinminvet Kodam IV Diponegoro/Semarang, Letkol Inf Eko Ismadi menyinggung salah satu program Angkatan Darat/TNI, di mana program tersebut merupakan bentuk perhatian kepada veteran dengan memberikan bantuan paket sembako dan bingkisan. Sebab, menurut Eko, veteran merupakan fasilitator simbol pemersatu antara rakyat dengan TNI. Untuk menangani program veteran tersebut, selanjutnya dibentuk suatu badan khusus yang disebut Badan Pembina Veteran dan Cadangan Pertahanan Setiap Wilayah (Babinminvet).

“Seperti diketahui bersama, sekarang ini masyarakat sedang menghadapi Covid-19, salah satu bagian masyarakat yaitu veteran. Veteran menjadi bagian yang paling rentan terhadap Covid-19, karena rata-rata sudah berumur di atas 80 tahun. Kemudian, dalam kondisi itu ditambah kondisi fisik yang tidak memungkinkan datang, sehingga kita akan berkunjung ke tempat tinggal beliau. Dari TNI saat ini salah satu perhantiannya adalah memberikan bantuan berupa paket sembako dan bingkisan pada veteran,” kata Letkol Inf Eko Ismadi.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini