Bantuan Mulai Mengalir untuk Niti, Warga Brebes yang Tinggal di Kandang Bebek

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Brebes – Bantuan pemerinah maupun swasta, mulai mengalir untuk Niti (52) wanita yang hidup di dalam kandang bebek di Kabupaten Brebes.

Dia tidak menyangka bakal mendapat bantuan dari beberapa pihak yang datang secara langsung. Saat didatangi di tempat tinggalnya Selasa 7 Juli 2020, Niti tengah duduk di teras rumah miliki Curi (50), kerabatnya.

Yang datang antara lain rombongan dari Pemkab Brebes. Mereka adalah perwakilan dari Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas Perwaskim.

Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes, Farikha, mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait sedang mengupayakan penanganan terhadap kondisi Niti. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Perwaskim untuk masalah tempat tinggal dan Dinas Kesehatan untuk pengobatan perut Niti.

“Selain tidak memiliki tempat tinggal, Niti juga mengidap penyakit di bagian perut. Kita sedang koordinasikan supaya segera tertangani,” ujar Farikha saat melihat langsung tempat tidur Niti di dalam kandang bebek.

Farikha mengungkapkan, Niti selama ini tidak memiliki KTP. Namun kata Farikha, dari keterangan pemilik rumah, Niti berasal dari Desa Kubangwungu. Dia menumpang di rumah milik Curi (50) di Desa Kubangsari, Ketanggungan.

“Makanya untuk memudahkan dalam memproses bantuan, saya sudah minta pihak desa untuk membuatkan KTP buat Niti,” kata Farikha menambahkan.

Sementara, Muhamad Taulani, Kabid Perumahan Dinas Perwaskim mengatakan, untuk mendapatkan bantuan program bedah rumah, ada beberapa persyararan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah memiliki tanah pribadi.

“Niti ini kan numpang dan tidak memiliki tanah atas namanya. Untuk mendapatkan bedah rumah tidak memenuhi syarat. Tapi saya janji akan membantu melalui dana Baznas buat rehab kandang menjadi kamar yang layak,” kata Muhamad Taulani.

Selain Pemkab, bantuan juga datang dari pihak swasta. Pengusaha asal Brebes, Paramitha Widya Kusuma juga memberikan bantuan sembako untuk keperluan makan sehari hari.

Sebelumnya diberitakan, Niti adalah wanita sebatang kara yang hidup di kandang bebek. Selain hidup sendirian, warga Brebes itu juga menderita sakit. Perutnya teru membesar sampai sulit bergerak.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan